SKPI Wajib Untuk Pencapaian Pembelajaran Mahasiswa Nasional

Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) ini mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Konvensi UNESCO tentang pengakuan studi, ijazah dan gelar pendidikan tinggi. Tujuan dari SKPI ini adalah menjadi dokumen yang menyatakan kemampuan kerja, penguasaan, pengetahuan, dan sikap/moral pemegangnya. Dikeluarkan oleh STIE PPI beserta lisensi sertifikasi profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) selaku Lembaga terkait.

INFORMASI TENTANG KUALIFIKASI DAN HASIL YANG DICAPAI

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN

SARJANA EKONOMI:

MANAJEMEN (KKNI LEVEL 6)

KEMAMPUAN KERJA

  1. Mampu merumuskan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi pada level operasional di berbagai tipe organisasi
  2. Mampu melaksanakan fungsi organisasi (pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan, dan strategi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi
  3. Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi organisasi pada level operasional, serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal
  4. Mampu berkontribusi dalam penyusunan rencana strategis organisasi dan menjabarkan rencana strategis menjadi rencana operasional organisasi pada level fungsional.
  5. Mampu mengambil keputusan manajerial yang tepat di berbagai tipe organisasi pada tingkat operasional, berdasarkan analisis data dan informasi pada fungsi bisnis.
  6. Mampu melakukan kajian empirik dan pemodelan dengan menggunakan metode ilmiah pada berbagai tipe organisasi berdasarkan fungsi organisasi.
  7. Mampu berkomunikasi efektif lintas fungsi dan level organisasi.

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoritis, metode dan perangkat analisis fungsi organisasi, mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian pada berbagai jenis organisasi.
  2. Menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis dan menjabarkannya dalam rencana operasional
  3. Menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagai sektor bisnis.
  4. Menguasai konsep tentang metode penelitian yang mencakup studi kasus, kesejarahan, survei, simulasi, dan eksperimen pada lingkup kualitatif dan kuantitatif, secara eksploratif, deskriptif, dan verifikatif.
  5. Menguasai minimal satu metode penelitian (studi kasus, kesejarahan, survei, simulasi, dan eksperimen pada lingkup kualitatif dan kuantitatif, secara eksploratif, deskriptif, dan verifikatif)
  6. Menguasai etika bisnis dan nilai-nilai kemanusiaan (humanity values)
  7. Menguasai kaidah, prinsip dan teknik komunikasi lintas fungsi, level organisasi, dan budaya.
  8. Menguasai pengetahuan tentang jenis dan regulasi bisnis lokal, nasional, regional, dan global
  9. Menguasai minimal salah satu bahasa internasional.

SIKAP KHUSUS

  1. Mampu bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri, berperilaku etis dan profesional, komunikatif dan aspiratif dalam pencapaian hasil kerja pada berbagai tipe organisasi.
  2. Mampu bersaing, berprestasi, dan beradaptasi di dunia kerja baik di tingkat nasional maupun internasional.

SKS dan Lama Studi

SKS adalah singkatan dari satuan kredit semester. Dengan sistem ini, mahasiswa dimungkinkan untuk memilih sendiri mata kuliah yang akan ia ambil dalam satu semester. SKS digunakan sebagai ukuran:

  • Besarnya beban studi mahasiswa.
  • Besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha belajar mahasiswa.
  • Besarnya usaha belajar yang diperlukan mahasiswa untuk menyelesaikan suatu program, baik program semesteran maupun program lengkap.
  • Besarnya usaha penyelenggaraan pendidikan bagi tenaga pengajar.

Nilai 1 SKS untuk kegiatan kuliah setara dengan beban studi tiap minggu selama satu semester, terdiri dari:

  • 1 jam kegiatan terjadwal (termasuk 5-10 menit istirahat).
  • 1-2 jam tugas terstruktur yang direncanakan oleh tenaga pengasuh mata kuliah bersangkutan, misalnya menyelesaikan pekerjaan rumah, tugas pembuatan referat, menerjemahkan suatu artikel dan sebagainya.
  • 1-2 jam tugas mandiri, misalnya membaca buku rujukan, memperdalam materi, menyiapkan tugas dan sebagainya.

Seorang mahasiswa dapat dinyatakan lulus apabila telah menyelesaikan jumlah SKS tertentu. Untuk menyelesaikan pendidikan Sarjana (S1), seorang mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan beban studi program sarjana sekurang-kurangnya 144 (serratus empat puluh empat) SKS dan sebanyak-banyaknya 160 (seratus enam puluh) SKS yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dan 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester setelah pendidikan menengah.

KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan sektor pendidikann dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan. KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri Bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional serta sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang bermutu dan produktif.

KKNI merupakan sistem yang berdiri sendiri dan merupakan jembatan antara sektor Pendidikan  dan pelatihan untuk  membentuk SDM nasional berkualitas dan bersertifikat melalui skema pendidikan formal, non-formal, informal, pelatihan kerja atau pengalaman kerja. Jenjang kualifikasi adalah tingkat capaian pembelajaran yang disepakati secara nasional, disusun berdasarkan ukuran hasil pendidikan dan/atau pelatihan yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1. KKNI terdiri dari 9 (sembilan) jenjang kualifikasi, dimulai dari kualifikasi 1 sebagai kualifikasi terendah hingga kualifikasi 9 sebagai kualifikasi tertinggi.

Tulisan Lainnya
Kampus Merdeka

05/03/2021 15:12 - Oleh Septa Ibra - Dilihat 17 kali
Pedoman Penulisan Jurnal Skripsi

Berikut cara penulisan jurnal skripsi, terdiri dari: Judul Abstrak Pendahuluan (latar belakang masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan penelitian, uraian ringkas penyusunan, waktu pe

03/03/2021 17:05 - Oleh Septa Ibra - Dilihat 19 kali
Tutorial Penggunaan PPI Meet

Tata Cara Sidang Online 2021

23/02/2021 11:23 - Oleh Septa Ibra - Dilihat 58 kali
Tata Cara Pelaksanaan Sidang Online Tahun 2021

Tata Cara Sidang Online 2021

22/02/2021 13:14 - Oleh Septa Ibra - Dilihat 74 kali
Pembaruan Kebijakan SK Bersama SKB) 4 Menteri Tentang Pembelajaran Tatap Muka

Surat Keputsan bersama (SKB) 4 menteri tentang kebijakan pembelajaran tatap muka.

28/01/2021 10:50 - Oleh Septa Ibra - Dilihat 162 kali
Keunggulan Kelas Karyawan di STIE PPI

Keunggulan Kelas Karyawan di STIE PPI Waktu kuliah bisa fleksibel Biaya kuliah bisa fleksibel Dosen dari praktisi ahli dibidangnya

21/01/2021 10:09 - Oleh Septa Ibra - Dilihat 195 kali
Perkuliahan Semester Genap TA 2020/2021

Perkuliahan semester genap TA 2020/2021 dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2021 dilaksanakan secara online.

18/01/2021 15:42 - Oleh Septa Ibra - Dilihat 224 kali
Penerimaan Mahasiswa/i Baru Tahun Ajaran 2021/2022

Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 telah dibuka dengan program studi Manajemen (S1) dan Akuntansi (S1). Saat ini STIE Putra Perdana Indonesia telah Terakredita

15/01/2021 11:03 - Oleh Septa Ibra - Dilihat 379 kali
STIE PPI Kampus B Balaraja

STIE PPI Kampus B Balaraja Kabupaten Tangerang Jl Raya Kresek RT 002 RW 003 Kel.Saga Telp 0221-5461600 HP 08118828222

11/01/2021 10:20 - Oleh Septa Ibra - Dilihat 181 kali